Sabtu, 03 Juni 2017

Kenapa harus belajar Pronunciation?


Salah seorang siswa pernah bertanya kepadaku, “sir, kenapa pronunciation masuk kategori penilaian IELTS? Toh kita punya aksen masing-masing, yang jelasnya kan sama-sama ngerti.” Seperti itulah kira-kira pertanyaan disertai sedikit pernyataan menolak. Saya hanya tersenyum lalu memberikan sedikit jawaban tentang hal itu.

Pronunciation masuk menjadi satu kriteria penilaian di IELTS speaking section karena beberapa alasan.

1. Dasar Bahasa
Tidak dipungkiri bahwa perbedaan pembiasaan berbahasa akan menjadi satu faktor penghambat belajar berbahasa (bahasa apapun itu). Sehingga cara penyebutannya perlu dipelajari sebelum melangkah lebih jauh seperti kosakata dan lain-lain. Karena bisa jadi ada salah pengertian makna jika salah pengucapan dari learners.

2. Jelas 
Satu yang yang tak kalah pentingnya adalah pronunciation akan membuat examiner lebih jelas memahami apa yang dibicarakan dan vocabulary yang kita maksudkan. Misalnya saja IELTS taker ingin menyebutkan “bisa (can)” tapi ternyata dia meletupkan sedikit diakhir sehingga berubah menjadi “can’t (tidak bisa).” Ini yang sering saya dapati ketika berada di kelas speaking IELTS.

3. Menilai Tenses
Nah, alasan tenses juga bisa menjadi alasan kenapa pronunciation penting. Examiner juga akan menilai grammar dan penggunaan verb berdasarkan waktu per kejadian dalam speaking section. Ketika kamu menceritakan sesuatu tentunya kamu harus menggunakan verb 2 (past tense). Tapi biasanya kebanyakan IELTS taker terjebak dalam pengucapan verb 1 dan verb 2 terutama verb yang memiliki “-ed” ending. 

Nah, seperti itulah kira-kira jawaban saya tentang pentingnya pronunciation dalam speaking IELTS. Meskipun sebenarnya, kita harus menguasai (setidaknya mengetahui dasar-dasarnya) materi pronunciation sebelum belajar skill IELTS, tapi biasanya banyak siswa abai skill ini. 

Hal ini mendasari English Studio di periode depan (Juli 2017) akan memasukkan skill pronunciation for IELTS dalam speaking kelas. Kita akan mengupas kesalahan-kesalahan tersering yang sering dilakukan IELTS taker dan bagaimana cara mengatasinya. Untuk belajar lebih intens lagi dan hanya mengeluarkan kouta internetmu, kamu bisa bergabung di grup facebook English Studio.

0 komentar:

Posting Komentar