Rabu, 14 Juni 2017

Understanding

“Understanding is the first step to acceptance, 
and only with acceptance can there be recovery.” 
― J.K. Rowling

Di periode ini masih di English Studio, saya mendorong siswa di kelas band 5 IELTS untuk fokus pada understanding bacaan dibandingkan mempelajari trik cepat mendapatkan kata kunci. Selama setengah periode mereka sibuk untuk mencoba mengerti dari paragraph ke paragraph. Kemudian mereka harus paham alur cerita dari artikel yang mereka baca hingga berkali-kali. Hasilnya adalah mereka selalu kehilangan waktu untuk menjawab soal dari passage. Tapi yang mengagetkan adalah mereka menjawab dengan penuh percaya diri, dan tinggal sedikit kesalahan yang mereka lakukan.

Di kelas ini, tidak mengapa kalian hanya benarnya 15 sampai 20 saja, asal kalian benar-benar yakin jawaban yang ditulis dalam lembar jawaban, ucapku tiap menutup pelajaran reading. Tapi tentunya ini belum cukup, kalian harus mengembangkannya lebih jauh lagi. Kecepatan dan akurasi juga perlu dilatih seperti melatih bagaimana mengerti alur cerita meski ada beberapa vocabulary yang masih baru kita dapati.

Lima kali pertemuan saya pikir sudah cukup menanamkan ke paradigma mereka bahwa proses akan mengantarkan kita pada pola yang hanya kita pahami sebagai bantuan untuk menjawab soal dengan akurat. Yang jelasnya understanding selalu lebih akurat daripada guessing. Masih ada lima kali pertemuan lagi untuk melengkapi beberapa kekurangan mereka seperti bekerja dibawah waktu, dan menemukan kata kunci dengan beberapa teknik scan dan skim.

0 komentar:

Posting Komentar