Minggu, 20 Agustus 2017

Butuh Waktu

Our greatest weakness lies in giving up. 
The most certain way to succeed is always to try just one more time. 
Thomas A. Edison

Seorang siswa bertanya kepada saya “sir, berapa lama sih saya belajar sampai dapat nilai 7 di ielts?” pertanyaan menarik untuk dibahas nih kayaknya. Apalagi pertanyaan ini pun muncul di setiap momen ngumpul-ngumpul para ielts catcher.

Well, secara sederhananya sih, kita bisa dengan enteng menjawab pertanyaan di atas dengan satau kata “bergantung” tapi rasanya itu tidak cukup memuaskan kebanyakan siswa, begitupun saya.

Menurut beberapa pengalaman teacher yang saya temani berdiskusi, rata-rata siswa yang belajar ielts mampu menaikkan 0.5 dari nilai sebelumnya selama 200 jam. Jika rerata belajar siswa 10 jam per hari, berarti butuh  20 hari belajar dengan teratur hingga progressnya bisa naik. Taruhlah kamu start dengan angka 3.0 overall (listening dan reading benarnya dibawah 10 nomor, writingnya nda sampe atau out of topic totally, speakingnya masih lebih banyak diam dibandingnya ngomongnya). Alhasil, kamu harus bersungguh-sungguh belajar dengan lingkungan yang mendukung serta tutor yang bukan hanya pintar tapi juga peka menuntunmu selama kurang lebih 6 bulan untuk mendapatkan 6.0, yah kalopun kamu beruntung, sudah bisa dapat 6.5 loh.

Begitupun jika modal nilaimu sudah 5.0 atau 5.5, yah cuma butuh sedikit sentuhan dan arahan sedikit lagi selama 3 bulan untuk mendapatkan angka standar masuk beberapa perguruan tinggi di luar negeri.

Dari semua itu, ada beberapa faktor penting yang harus diperhatikan dalam belajar ielts juga, bukan hanya waktunya, tapi lingkungan, tutor, metode belajar, teman kelas, dan dukungan dari orang sekitar.

Di English Studio, kami para teacher dibekali pelbagai resources menunjang untuk membuat siswa merasa nyaman dan bersemangat menentukan masa depan mereka dengan keringat dan waktunya sebagai bentuk transaksi pengorbanan.

Faktor yang penting terakhir adalah kemauan yang kuat. Bukankah Tuhan tidak akan mengubah nasib seseorang, jika mereka sendiri tak mau mengubahnya sendiri? So, pikirkan itu, mari bergabung bersama kami di English Studio.

0 komentar:

Posting Komentar