Kamis, 13 April 2017

Anything Can Stop You?

People often say I have so much energy, that I never stop; 
but that's what it takes to accomplish your goals. - Curtis Jackson

Satu hal lagi yang membuat saya semakin betah belajar banyak di sini (English Studio). Beberapa teacher lainnya pun merasakan hal yang sama. Salah satu faktor kebetahan kami adalah motivasi tingkat dewa selalu disalurkan bukan Cuma dari satu sumber saja, tapi semua lingkaran positive dapat saya rasakan di lingkungan ini. Pasalnya kami memiliki satu prinsip, maju atau mati.

Demikian tiap hari saya rasakan di sini, tertawa dengan kekonyolan para teacher atau sekadar menyeruput dan merebut makanan di atas meja office yang entah siapa pemilik sebenarnya. Yah, semoga saja yang punya mengikhlaskan.

Anything can stop you? Pertanyaan yang punya makna luar biasa yang saya dapatkan di teacher training di suatu malam. Ini adalah pertanyaan terakhir dari sekian banyak pertanyaan yang harus ditanyakan pada mereka yang ingin belajar bersama kami (kalau mau tahu apa saja pertanyaan pembukanya, bolehlah daftar private di sini).

Inti dari pertanyaan ini adalah sejauh mana motivasimu dalam melakukan apa saja yang kamu targetkan, entah dalam belajar, bekerja, ataupun berwirausaha. Sejauh mana kamu mengantisipasi rintangan-rintangan baik itu dari luar maupun dari dalam dirimu. Sebab disadari atau tidak, terkadang hal-hal kecillah yang mampu menghentikan langkahmu maju dan berkembang.

Saya berikan contoh seorang siswa di English Studio yang tidak lagi melanjutkan belajarnya karena hanya di kick dari grup belajar online privasi. Yah, sekadar informasi, jika kamu belajar di English Studio, otomatis kamu akan dimasukkan kedalam grup belajar online itu. Tapi di grup punya peraturan sendiri, salah satunya jika kamu tidak aktif didalamnya maka akan dikeluarkan dari grup, dan bukan berarti tidak boleh masuk belajar di kelas setelah dikeluarkan dari grup. Tapi, mungkin siswa yang saya maksudkan tidak membaca peraturan grup dan merasa  tidak dibolehkan lagi masuk kelas. But, it’s OK, para teacher juga tidak bisa memaksa siswa yang telah menemukan sesuatu yang mampu membuatnya berhenti.

Sekali lagi, anything can stop you? Sapaku tiap hari kepada siswa band 5. "Nothing sir, and no-one!"… mereka dengan serentak menjawabnya. Saya tersenyum, semoga kakimu kuat menopang mimpi-mimpi itu.

1 komentar: