Rabu, 05 April 2017

Ketika Grammar Memusingkan mu

~it always seems impossible until it is done~

Ada banyak sekali keluhan dari beberapa IELTS taker yang saya ajar di English Studio. Salah satu keluhannya adalah penggunaan Grammar yang katanya bikin pusing tingkat dewa.  Benarkah grammar adalah skill yang buat migran atau bahkan muntah-muntah? Sepertinya menarik untuk dibahas yah.

Saya selalu ingin tertawa geli ketika banyak siswa yang belajar bahasa inggris kemudian membenci pelajaran grammar dan pada akhirnya mereka kewalahan ketika sudah berhadapan dengan speaking dan khususnya writing. Ada yang salah dengan grammar guys?

Well, pada kesempatan ini, saya ingin berbagi tips belajar grammar dengan cepat dan tidak membuat otakmu berbau hangus. Metode ini saya ambil dari berbagai sumber dan pengalaman saya selama setahun belajar grammar.

1. Jangan langsung belajar tenses
Nah ini dia faktor utama kesalahan kebanyakan siswa dalam mempelajari grammar, langsung mempelajari tenses yang 16 perubahan. Padahal harusnya mereka harusnya paham dulu tentang part of speech dan yang berkaitan dengan itu seperti artikel, defined and undefined quantifier, dan perubahan verb. Sehingga sebelum kamu membentuk kalimat, kamu sudah tahu jenis kata apa yang tepat digunakan.

Nah, setelah mempelajari part of speech, pelajari part of sentence. Hal ini penting guys agar kamu tidak asal-asalan mencaplok Subject, Object, Verb, dan Adverb. Selanjutnya kamu baru bisa mempelajari tenses, dan 3 klausa penting. 

2. Pelajari perubahan kata
Metode belajar perubahan kata juga dinilai ampuh meningkatkan pemahamanmu terhadap grammatical range in English. Kamu perlu tahu terkadang satu kata dalam bahasa Inggris bisa berubah berdasarkan posisinya dalam satu kalimat. Saya ambil satu contoh, kata buy (membeli; verb) berubah menjadi buyer (pembeli; noun). Coba kamu baca artikel berbahasa inggris lalu cari perubahan kata yang memungkinkan bisa diubah, seperti verb, adjective, ataupun noun. Tapi ingat guys, tidak semuanya bisa diubah seenaknya, lihat kamus Oxford atau Cambridge untuk lebih jelasnya. Saya jamin kamu tidak akan terlalu pusing dengan ini.

3. Oral Grammar
Satu metode yang juga digunakan di English Studio belajar grammar dengan cepat adalah menggunakan metode grammar for speaking. Metode ini juga efektif membuatmu jatuh cinta dengan grammar. Bukan hanya belajar grammar secara unik, kamu juga bakalan terlatih speaking dengan minus kesalahan dalam grammar. Tapi ada yang bilang, “tak usah perhatikan grammar untuk speaking, nanti kamu tidak lancar ngomongnya.” What? Are you sure? Menurut saya, paham seperti itu perlu dibuang jauh-jauh. Meskipun mengontrol grammar di speaking sangat menantang, kamu tetap memaksakan diri untuk ngomong grammatically. Yups, tujuannya agar kamu lebih terlihat akademik dan paham structure berbicara ala orang bule. 

4. Read more, write more, understand more
Nah, metode terakhir adalah unconscious learning. Yups, kamu bisa belajar grammar tanpa menyentuh buku grammar loh, kok bisa? Caranya adalah read more! Write more! Intinya disitu guys, baca apa saja yang berkaitan dengan bahasa inggris, terus coba untuk menulis. Tidak usah khawatir jelek tidaknya structure kamu dalam bahasa inggris, kamu nantinya akan tahu sendiri pola pembuatan kalimat. Tapi guys, metode ini butuh waktu yang sangat lama dan bisa menimbulkan interpretasi sendiri, hasilnya kamu tidak akan mengerti istilah dalam grammar tapi kamu paham setelah menuliskannya.

Well, dari keempat metode di atas kamu bisa adopsi untuk belajar grammar yang mengasikkan. Terlebih jika kamu bisa menggabungkan keempat metode di atas dan menambahkannya dengan referensi-referensi yang baru seperti menonton video pembelajaran, atau mengikuti kursus online seperti khan academy. Semoga kamu tidak lagi stress gegara grammar. 


0 komentar:

Posting Komentar