Kamis, 02 Maret 2017

Personal Feedback

~ Apapun keluhmu saya akan mendengarkannya, lalu saya menjawab kesahmu dengan satu-dua kalimat yang bisa membangkitkan gairahmu untuk ikut di kelasku ~
koleksi pribadi

Apa yang menjadi nilai tambah yang bisa saya dapat, jika kamu menjadi teacherku? Tanya seorang teman suatu hari. Sejenak saya berpikir dan meminta waktu untuk berkontemplasi. Apa bedanya saya dengan teacher-teacher lain? Haruskah saya berbeda dengan mereka? Apa mungkin saya bisa berhasil membagi pengetahuan yang saya tahu? Pertanyaan demi pertanyaan mulai bermunculan dan harus saya jawab sebelum malam tiba, karena esoknya adalah hari pertamaku menjadi teacher IELTS di English Studio (salah satu tempat kursus spesialis IELTS di kampung bahasa Pare-Kediri. 

Akhirnya kuputuskan mencari beberapa sumber dan sharing ke teacher senior di English Studio tentang permasalahan-permasalahan yang timbul antara student dan teacher, dan tidudit tidudit akhirnya ada beberapa faktor yang saya temukan, lalu saya simpulkan, diantaranya komunikasi satu arah yang begitu membosankan, mengeneralkan kemampuan student, ekspektasi student terlalu tinggi tapi usaha terlalu rendah, dan faktor kedekatan. Aduh, terlalu banyak ternyata hal-hal yang menantang menanti di hadapan puluhan pasang mata besoknya. Tapi saya beruntung, karena saya bisa selangkah lebih maju dari mereka (student). Artinya saya harusnya lebih siap menerima kemungkinan-kemungkinan terburuk saat face-to-face dong.

Kembali ke pertanyaan awal, akhirnya saya memberanikan diri untuk menjawab pertanyaan temanku. Saya akan menjadi teacher biasa layaknya teacher-teacher lainnya. Tapi saya akan berusaha lebih dekat denganmu di dalam maupun di luar kelas. Apapun keluhmu saya akan mendengarkannya, lalu saya menjawab kesahmu dengan satu-dua kalimat yang bisa membangkitkan gairahmu untuk ikut di kelasku. Di kelas, semua mendapatkan treatment yang sesuai dengan level pemahamannya. Saya akan berusaha semampuku menemukan dasar-dasar kelemahanmu dalam satu subjek lalu kita diskusikan jalan keluarnya sama-sama. Kita akan belajar bersama, lalu mencari segala kemungkinan sumber-sumber pendukung yang bisa digunakan.

Temanku lalu tertawa dan memegang pundakku, kau berada di lingkungan yang tepat teman, dimana teacher di sini (baca; English Studio) adalah fasilitator dan motivator tingkat 9, so do what you said, guys "good luck" katanya. 


0 komentar:

Posting Komentar